5 cara untuk menghemat uang dalam kehidupan sehari-hari Anda

menghemat uang

Share

WhatsApp
Facebook
Twitter

Dalam menghemat uang memiliki istilah Hemat pangkal kaya, itulah yang sering kita dengar sejak kita masih duduk di bangku sd. Semakin bertambahnya umur makin besar juga pengeluaran yang harus kita keluarkan untuk setiap bulannya. Gaya hidup juga sangat berpengaruh dari keuangan kita sehari-hari. 

 

Kamu mungkin pernah merasa tiba-tiba uangmu habis begitu saja, baru awal gajian tapi uangmu habis di pertengahan bulan. Itu karena kamu tidak mengatur keuanganmu dengan baik. Ada berbagai cara untuk menghemat uang agar kamu tidak melulu kehabisan uangmu di setiap bulannya. Kali Seluruh.com akan membuat artikel mengenai 10 cara untuk menghemat uang dalam kehidupan sehari-hari, perhatikan dibawah ini:

BACA JUGA DISINI:Apa saja kesalahan umum yang sering dilakukan dalam mengelola keuangan

1. Siapkan Perencanaan di Setiap Bulan

Biasanya orang yang tiba-tiba merasa kehabisan uang adalah orang yang tidak mengatur keuangannya dengan baik, membeli barang, makanan dan lain-lain dengan sesuka hatinya. Mengatur keuangan merupakan bagian terpenting dalam keuanganmu. Kamu yang ingin menghemat uang, bisa memulai dari mengatur masuk dan keluarnya uangmu secara garis besar dalam satu bulan. Contohnya, di waktu awal bulan, kamu bisa memisah uangmu dengan uang, makan, uang tempat tinggal (jika ngekost), perlengkapan sehari-hari (pasta gigi, shampo, pencuci muka dan lain-lain) dan cicilan (jika ada). Jika ada sisa, kamu bisa memisahkan juga uang jajanmu dalam 1 bulan dan dana darurat atau tabungan.

 

2. Membawa Bekal

Biasanya orang lebih menyukai masakan dari luar seperti warteg atau nasi padang dan lain-lain karena sayurnya yang beragam dan juga tidak perlu ribet untuk memasak. Bagi kamu yang ingin lebih hemat. Ada baiknya saat bekerja kamu membawa bekal sendiri, jadi uang yang seharusnya kamu pakai untuk makan siang, bisa lebih hemat tidak perlu mengeluarkan uang makan lagi. Jika kamu bekerja dari pagi pulang sore, kamu bisa membawa 2 bekal dengan sayur yang bisa kamu beli di pasar atau dimana saja asalkan harganya murah.

 

3. Membeli Barang Harga Termurah

Kamu yang ingin menghemat sudah pasti disaat kamu membeli sesuatu untuk keperluan harus mencari barang termurah. Contohnya makanan, pasta gigi dan lain-lain. Berbelanja keperluan seperti baju juga kamu bisa menghemat dengan mencari barang termurah atau bisa saja kamu mencari barang yang memiliki promo yang lumayan tinggi. 

 

4. Mencatat Pengeluaran Bulanan

Pada bagian ini, mungkin banyak orang akan merasa ribet atau malas untuk melakukannya. Tapi, ini merupakan salah satu cara terbaik untuk kamu bisa berhemat. Mungkin setiap orang akan melakukan kesalahan dalam mengelola keuangan seperti kebablasan berbelanja atau membeli sesuatu. Dengan mencatat pengeluaran ini kamu akan tahu, pengeluaran apa saja yang lebih besar dan bisa kamu atur untuk lebih hemat lagi.

 

5. Jalani Gaya Hidup Sederhana

Bagi kalangan anak muda memiliki gaya hidup yang terlihat mewah merupakan hal yang sering dilakukan. Hal ini bisa juga karena pengaruh dari sosial media, yang biasanya orang akan memperlihatkan dirinya memiliki gaya hidup yang tinggi. Gengsi adalah utama dari permasalahan ini, bagi kamu yang ingin menghemat uang, menjadi orang yang memiliki gaya hidup sederhana bukan hal yang buruk. Banyak juga orang-orang yang memiliki harta berlimpah tetapi mereka juga menerapkan gaya hidup sederhana, hal ini karena mereka sudah terbiasa melakukannya, membeli sesuatu yang benar-benar penting saja. Jadi, jika kamu ingin menghemat uang, kamu bisa memulai untuk gaya hidup sederhana.

 

6. Jangan Sering Keluar Rumah

Kamu mungkin orang yang suka pergi ke suatu tempat seperti mall atau jalan-jalan ke suatu tempat yang mana itu akan membuatmu mengeluarkan banyak uang. Kamu bisa mengatur keuanganmu untuk mempersiapkan jika kamu memang orang yang suka bepergian untuk menghilangkan stres. Dengan catatan, kamu harus mengatur keuangan dengan baik contohnya, kamu sudah mengelola keuanganmu dan mempersiapkan 10-20% untuk kamu bepergian selama 1 minggu atau 1 bulan.

 

Mengatur uang bukanlah yang mudah. Memang ada kalanya, mau sebagus apapun kamu mengelola keuangan pasti akan ada saja kejadian yang tak terduga sehingga membuatmu mengeluarkan uang lebih banyak. Untuk kejadian seperti ini, kamu harus memiliki tabungan Dana darurat.

BACA JUGA DISINI: 4 cara mengatur keuangan sampai akhir bulan

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *